Jalan-jalan: Kebun Raya Bogor

Mungkin banyak orangtua yang ingin mengajak anak-anaknya berwisata ke Kebun Raya Bogor, namun bingung disana bisa melakukan kegiatan apa saja dan apa saja yang harus dipersiapkan. Kali ini kami akan sharing tips menikmati Kebun Raya Bogor secara maksimal, khususnya bila datang bersama anak-anak. Yuk, kita mulai ya.
 
  1. Saat terbaik untuk berkunjung
    Usahakan datang ke KRB pada pagi hari supaya mendapatkan anak-anak pun dapat puas bermain tanpa khawatir kepanasan maupun kehujanan. Seperti kita ketahui, Bogor adalah kota yg mempunyai curah hujan tinggi dan biasanya sekitar jam 12 siang langit sudah mulai mendung menandakan akan segera turun hujan saat itu juga maupun sore harinya. Selain itu , bila datang di pagi hari, kita masih bisa menikmati langit biru yang cerah tanpa awan, bunyi kicauan burung-burung di sekitar pohon dan udara paginya pun sangat menyegarkan.

    Catatan: Saat hujan lebat sangat disarankan untuk keluar dari area KRB karena dikhawatirkan terjadi angin kencang yang disertai hujan dan berpotensi merobohkan pohon-pohon besar yang sudah tua dan akarnya sudah tidak terlalu kuat lagi.

  2. What to bring and What to wear
    Kenakanlah pakaian dan alas kaki yg nyaman. Bawa topi, payung, minuman, stroller (untuk balita) & jangan lupa kamera untuk foto-foto.

    Berencana piknik? Bawa tikar, minuman dan makanan yg cocok untuk piknik, lotion anti nyamuk dan bantal kecil.
    Untuk anak-anak bermain di lapangan, bawalah bola, badminton, jaring untuk menangkap capung dsb.

  3. Pintu Masuk dan Jam Operasi Kebun Raya Bogor
    Jam Operasi Kebun Raya Bogor adalah pukul 07.30-17.00 WIB.
    Untuk hari Senin s/d Jumat, pintu masuk yang terbuka hanya lah Pintu 1 (Pintu Utama) dan ketika sore hari (mulai jam 3 sore), Pintu 3 pun akan dibuka untuk mempermudah akses masuk para pengunjung Kafe Dedaunan yang berlokasi di dalam KRB yang buka hingga jam 9 malam.

    Untuk hari Sabtu dan Minggu, pintu masuk ke KRB yang dibuka adalah Pintu 1, 3 dan 4. Namun kalau boleh kami sarankan, akan lebih nyaman untuk masuk melewati Pintu 1 (Utama), karena di sebelah Pintu Utama terdapat Gedung Pusat Informasi Kebun Raya Bogor dimana kita bisa meminta brosur dan peta tentang objek-objek menarik di dalam KRB. Di Pusat Informasi ini pula kita bisa menyewa Jasa Pemandu ( bila dibutuhkan) yang akan menemani kita berkeliling & menjelaskan segala sesuatu tentang KRB.

  4. Harga Tiket Masuk dan Jasa Pemandu
    Harga Tiket Masuk (dewasa maupun anak) adalah Rp.9.500,-/orang . Sedangkan harga masuk kendaran ke dalam area KRB untuk roda empat adalah Rp.15.500,- dan untuk roda dua/motor (hanya boleh parkir, tidak boleh masuk berkeliling) adalah Rp.3.000,-

    Bila berminat untuk menggunakan jasa pemandu maka akan dikenakan biaya Rp. 100.000,-/jam . Keuntungan menggunakan pemandu ini adalah kunjungan menjadi efektif dan kita bisa mendapatkan cerita tentang sejarah KRB,pengetahuan tentang dunia tumbuhan yang ditanam di KRB. Pemandu biasanya akan membawa kita langsung ke objek-objek menarik di dalam KRB sehingga kita tidak usah bingung mencari-cari sendiri.

  5. Transportasi di dalam area Kebun Raya Bogor
    Untuk hari Senin sampai dengan Sabtu, kendaraan pribadi roda empat diperbolehkan masuk ke dalam area KRB (namun Motor & Sepeda tetap tidak diperbolehkan masuk berkeliling). Sedangkan untuk hari Minggu, kendaraan pribadi dalam bentuk apapun dilarang untuk masuk dan hanya diperkenankan parkir di luar KRB.

    Luas KRB mencapai 87 hektar dan bila membawa anak-anak maka akan sangat melelahkan untuk berjalan kaki menikmati semua tempat menarik di KRB (walaupun menggunakan stroller sekalipun). Maka kami sarankan sebaiknya pilihlah hari kunjungan dimana mobil bisa masuk kedalam KRB yaitu hari Senin s/d Sabtu. Alternatif lainnya adalah bila kita tidak menggunakan mobil pribadi, kita juga bisa ikut Mobil Keliling resmi dari KRB yang akan membawa kita berputar mengelilingi KRB disertai dengan penjelasan saat tour. Harga tiket naik Mobil Keliling ini adalah Rp.10.000,-/orang dan bisa langsung berangkat bila kursi sudah terisi minimal 5 orang dalam 1 mobil.Halte Mobil Keliling KRB ini bisa kita temukan di dekat loket tiket Pintu Masuk Utama (Pintu 1) atau Tugu Lady Raffles.

  6. Interesting Spots and What to do with Kids @ Kebun Raya Bogor
    Nah, ini enaknya kalau kita masuk ke KRB melalui Pintu 1 dan sempat mampir ke gedung Pusat Informasi. Di tempat ini kita bisa mendapakan brosur dan peta tentang objek menarik di KRB. Selain itu kita juga bisa minta dijelaskan singkat oleh para Pemandu yang bermarkas di gedung tersebut.

    Untuk objek menarik KRB, selain bisa dilhat di brosur, kita juga bisa melihatnya di papan peta yang cukup besar dan terletak di dekat loket tiket pintu utama dan tugu Lady Rafffles. Begitu melihat peta besar ini, dijamin deh udah gak sabar ingin segera menjelajah dan menikmati suasana hijau di KRB. Oke deh, skrg yuk kita bahas spot-spot menarik untuk anak-anak di KRB:

    • MUSEUM ZOOLOGI
      Posisi Museum Zoologi ini lumayan dekat dengan loket pintu masuk utama dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki (stroller utk balita). Di museum ini anak-anak bisa melihat berbagai jenis binatang yang sudah diawetkan, mulai dari burung, mamalia, serangga, kerang-kerangan, ular, dan yang paling fantastis adalah adanya kerangka Ikan Paus Biru (Blue Whale) yang merupakan jenis ikan terbesar di dunia! Ukuran kerangka Ikan Paus Raksasa ini sangat besar dan panjang. Membayangkan mahluk ini ketika masih hidup serta utuh, sungguh luar biasa dan membuat kita berdecak kagum akan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Museum ini sebenarnya sangat bagus & informatif dengan berbagai tulisan penjelasan, namun mungkin karena anggaran dana yang terbatas, pencahayaan di Museum Zoologi ini lumayan redup dan tidak ber-AC sehingga kurang menarik minat pengunjung Kebun Raya Bogor. Tapi percaya deh, anak-anak pasti takjub begitu melihat Kepiting Raksasa dari Jepang, dan kerangka Ikan Paus Raksasa Blue Whale. Kita pun sebagai orangtua akan terhibur dengan display diorama hewan-hewan yang diawetkan dan penjelasan yang informatif.

    • KOLAM GUNTING DAN ISTANA KEPRESIDENAN
      Bila kita masuk lurus terus dari Pintu 1 (Pintu Utama) maka kita akan menemui Kolam Gunting yang berlatar belakang bangunan Istana Kepresidenen Bogor. Pemandangan di Kolam Gunting ini sangat indah dengan warna air kolam yang menghijau karena lumut dan juga dihiasi jembatan merah kecil yang menyebrangi kolam penuh bunga Teratai yang bermekaran. Mendekati bangunan Istana Kepresidenan, kita pun dapat mengagumi keindahan serta kemegahan arsitektur Istana Kepresidenan dari jarak yang sangat dekat.

    • LAPANGAN, KOLAM TERATAI DAN KAFE DEDAUNAN
      Bergerak masuk semakin kedalam KRB, carilah petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Kafe Dedaunan maka tak lama kemudian kita akan takjub dengan hamparan luas lapangan rumput nan hijau dan luaaass. Waah, dijamin anak-anak gak akan bisa ditahan untuk berlarian menuju ke bangunan air mancur yang ada di bagian atas lapangan rumput ini. Selain lapangan luas nan hijau, anak-anak pasti juga akan senang sekali bisa menikmati tanaman Teratai Raksasa yang tumbuh di kolam yg berada di ujung bawah kiri lapangan. Di Kolam Teratai ini, jangan lupa menjaga anak-anak dengan ketat ya, karena daun-daun Teratai di kolam ini sangat lebar sehingga mungkin anak-anak akan berimajinasi untuk loncat dan berdiri di atas daun bagaikan dongeng tentang kodok yang pernah mereka baca

      Saat di lapangan terluas di KRB ini, naiklah ke arah bangunan Kafe Dedaunan yang terletak di ujung atas lapangan. Nah dari Kafe Dedaunan ini jangan lupa untuk berbalik badan dan memandang keindahan yang mengelilingi lapangan. Hirup lah udara segarnya, pandanglah lapangan hijau dan pohon-pohon yang terhampar di sekitarnya. Alhasil semua kepenatan akan hilang seketika dan kita pun akan merasa bersyukur telah diberi kehidupan yang luar biasa indahnya di bumi Indonesia tercinta.

      Di Kafe Dedaunan ini kita juga bisa menyantap menu-menu yang asik lho. Mulai dari makanan berat spt nasi timbel, nasi goreng, sop buntut, steak, sandwich dan cemilan ringan seperti Poffertjes, Pisang Goreng, Pancake dan buah potong segar. Atau mau piknik aja? Bisa kok! Tinggal cari area rumput yang agak teduh di pinggir lapangan dan kita pun bisa beristirahat sambil menikmati kegembiraan anak-anak bermain bola dan kejar-kejaran.

    • TAMAN SUDJANA KASSAN
      Dari arah lapangan rumput Kafe Dedaunan , kita bisa bergerak ke arah kanan dan melewati Rumah Anggrek dan Orchidarium. Sayangnya kedua tempat ini kurang menarik bagi anak-anak karena suasananya agak suram. Tapi di depan gerbang Orchidarium terdapat booth Air Langsung Bisa Diminum. Mungkin buat sebagian anak-anak, hal ini jadi pengalaman baru untuk bisa minum air langsung dari keran.

      Dari bangunan Orchidarium, carilah petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Taman Sudjana Kassan. Taman Sudjana ini adalah sebuah taman luas yang indah dengan rangkaian tanaman berbagai warna, dihiasi dengan kolam air mancur dan pepohonan besar di bagian pinggir lapangan. Di Taman Sudjana inilah menurut kami adalah tempat yang paling indah untuk berpiknik ria selain di pinggir lapangan rumput hijau luas sebelumnya. Selain piknik & menggelar tikar, anak-anak bisa bermain lempar bola, menangkap capung-capung yg berterbangan dan lomba menangkap Belalang yang kadang berloncatan di rumput.

      Catatan:
      Bila memang berniat untuk piknik di daerah manapun di KRB, jangan lupa memakainkan lotion anti nyamuk ke anak-anak terutama di Taman Sudjana ini. Mungkin karena banyak tanaman rendah sehingga terdapat sarang Nyamuk Kebun di taman ini. Tapi kalau anak-anak diberi pelindung anti nyamuk, gak akan ada masalah kok. Anak-anak pasti hepi banget liat capung berterbangan dengan pemandangan indah di sekeliling mereka.

    • JEMBATAN GANTUNG MERAH KRB (JEMBATAN CINTA)
      Jembatan Gantung berwarna merah ini sepertinya cukup melegenda di KRB. Biasanya digunakan untuk para calon pengantin utk foto pre-wed mereka, Tapi anak-anak pasti juga excited kok diajak menyebrang jembatan gantung ini apalagi sambil melihat ke arah sungai lebar yang melintas di bawahnya. Namun harus diperhatikan bahwa jembatan ini adalah jembatan gantung yang ditarik dengan kabel baja, sehingga maksimum hanya bisa menahan beban berat 5 orang di atas jembatan dalam satu waktu. Sungguh suatu pengalaman yang mengesankan dan menegangkan bagi anak-anak.

    • BUNGA BANGKAI RAFLESIA
      Letak Bunga Bangkai ini ada di pepohonan dekat Museum Zoologi, namun bila tidak sedang berbunga (mekar) maka lokasi Bunga Bangkai ini jarang didatangi oleh pengunjung. Biasanya bila berbunga, maka pihak humas KRB akan mempublikasikannya ke khalayak banyak. Wah, bila sedang mekar, walaupun baunya menusuk, jangan lupa ajak anak-anak untuk melihat ya.Bunga Raflesia ini hanya bisa tumbuh di hutan-hutan Asia Tenggara lho. Bunga ini tidak berdaun dan tidak bertangkai, dan hanya mekar selama 1 minggu setelah itu layu/mati.


  7. Destinasi menarik lainnya di sekitar Kebun Raya Bogor
    Puas berkeliling, piknik dan bermain di KRB dan sebelum berwisata kuliner, anak-anak bisa kita ajak untuk memberi makan Rusa Totol di pagar halaman Istana Kepresidenan Bogor. Untuk memberi makan Rusa, kita pun bisa membeli ikatan kangkung atau wortel yang dijual oleh para pedagang.

    Puas berkeliling dan memberi makan Rusa, pasti perut mulai keroncongan. Yuk ajak anak-anak berwisata kuliner khas Bogor di resto-resto mungil yang menyebar di area Taman Kencana (dekat Hotel Pangrango Bogor). Mulai dari Pia Apple Pie, Macaroni Panggang, Lasagna Gulung, Rumah Cupcakes & BBQ, Café Agripark, sampai Café Death By Chocolate (DBC) yg punya ciri khas unik dimana semua pelayan restorannya berkostum hantu dan menjual cake coklat pekat yang sangat lezat. Selain cake coklat, di DBC kita juga bisa menikmati nasi goreng hitam (terbuat dari tinta cumi) dan Pizza. DBC ini lebih cocok untuk anak-anak remaja yang suka mencoba hal-hal baru dan menegangkan. Rumah Cupcakes, Pia Apple Pie, Macaroni Panggang, Resto Kedai Kita atau Bumbu Desa sepertinya akan lebih cocok suasananya untuk anak-anak usia balita

    Bila mencari restoran dengan fasilitas playground, kita bisa membawa anak-anak makan di Taman Palem atau Gili-Gili Resto yang berada di jalan Pajajaran (mengarah ke Tajur). Di kedua restoran ini terdapat fasilitas playground dan menu makanan yang cukup bervariasi.

Nah, moga-moga dengan tulisan pengalaman dari kami, makin banyak keluarga yang dapat menikmati kota Bogor secara maksimal. Satu saran terakhir: Bila tidak ingin membawa anak-anak dalam kemacetan di kota Bogor, maka sebaiknya berwisata di Bogor saat bukan weekend seperti pada masa liburan sekolah yang jatuh di hari kerja seperti liburan terima raport atau kenaikan kelas. Selamat Berlibur. (SM)

Address : Jl.Ir.H.Juanda , Bogor - Jawa Barat
Phone : 0251-8311362 ; 0251-8322187/ 8322220
Fax : 0251-8311362
Website : http://bogorbotanicgardens.org/


Sumber: www.liburananak.com
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

1 Comments

Leave your comments by :

Demos Oktovianus

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata alam bebas yang cukup terjangkau untuk penduduk Jakarta seperti saya, baik dari sisi finansial dan waktu. Lelah dan penat setelah beraktivitas seminggu di ibukota yang ramai bisa terlepas setelah bersentuhan dengan hijaunya alam dengan udara segarnya di tempat wisata ini. Kebun Raya Bogor juga merupakan salah satu destinasi untuk wisata rombongan maupun fieldtrip/outing sekolah. Di sini anak-anak dapat bermain sekaligus belajar mengenai alam dengan harapan anak-anak lebih peduli dengan alam.

2012-04-23

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"