Memilih Meja Belajar Untuk Anak

Untuk menunjang kenyamanan belajar anak di rumah setelah pulang sekolah, sangat diperlukan sebuah kursi dan meja belajar yang nyaman. Kursi dan meja belajar anak harus memenuhi syarat kenyamanan ergonomi. Perlu diperhatikan bahwa tempat yang nyaman saat belajar memungkinkan anak dapat melakukan pekerjaan lebih baik dan lebih terfokus. Disamping itu kursi dan meja belajar anak yang baik dapat mendukung perkembangan bentuk tubuh anak. Sehingga penyakit tulang dan sendi dapat terhindarkan.

Saat ini telah banyak diciptakan kursi dan meja belajar dengan berbagai desain yang cantik. Bahkan permintaan ketersediaan barang tersebut sangat tinggi. Harga meja belajar juga semakin bersaing menarik pembeli. Karena kursi dan meja belajar semakin dibutuhkan dikantor, rumah dan sekolah. Tapi ingat bahwa spesifikasi bahan harus diperhatikan selain bentuknya. Walaupun bentuknya bagus tetapi terbuat dari material yang jelek dan berbahaya bagi kesehatan maka tidak ada gunanya. Begitupun sebaliknya. Karena material kursi dan meja belajar anak akan mendukung kekuatan untuk menopang tubuh. Bentuk yang bagus akan menunjang pembentukan postur tubuh yang benar, menghindari kelelahan, nyeri punggung, gangguan peredaran darah, nyeri pada tulang belakang leher, kelengkungan tulang belakang dan sakit kepala.

Tapi bagaimana memilih kursi dan meja belajar anak yang baik? Biasanya ketika anda membeli, sudah tersedia dalam satu paket. Yaitu kursi dan meja belajarnya sekaligus. Tujuannya agar perhitungan desainnya telah cocok dan sesuai dengan sistem pabrik. Sehingga kita tidak risau lagi akan selisih jarak antara tinggi kaki kursi dengan tinggi meja belajar anak. Semua sudah diperhitungkan. Tetapi tidak ada salahnya menyesuaikan kembali jika dirasa perlu. Pastikan memasangnya dengan benar dan mintalah anak mencobanya. Jika ia merasa nyaman saat duduk, menulis, bersandar pada kursi, posisi kaki apakah sudah sesuai, serta posisi tangan saat menulis, maka sudah dipastikan itulah kursi dan meja belajar yang cocok untuk anak anda.

Tetapi tersedia juga kursi dan meja belajar anak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Aturlah ketinggian tempat duduk dan usahakan agar mengarah pada bidang meja dengan tepat saat anak menulis. Perhatikan apakah anak dapat menjangkau semua barang yang dibutuhkan tanpa harus berdiri mengambilnya, bisa nyaman saat bersandar dsb. Biasanya jenis kursi dan meja belajar anak yang bisa diatur sangat cocok dibeli jika anak anda mempunyai adik. Jadi ketika sang kakak sudah beranjak dewasa, maka kursi dan meja belajar anak tadi dapat dipakai lagi oleh adiknya. Tinggal sesuaikan saja ukurannya.

Nah semoga artikel diatas dapat memberikan petunjuk dalam pemilihan kursi dan meja belajar anak. Ingatlah menempatkannya di dalam kamar anak dengan memperhatikan kesesuaian dengan perbotan didalamnya agar suasana belajar anak semakin nyaman.(SM)

Sumber: www.bincanganak.com
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"