Tips Mengisi Kegiatan Liburan Anak

Liburan sekolah merupakan masa yang dinantikan anak-anak. Dalam mengisi waktu liburan anak-anak, tidak ada salahnya jika orangtua mengisinya dengan kegiatan kreatif. Jangan sampai anak hanya bermain saja selama masa liburan. Liburan yang baik untuk anak tentunya yang menggunakan liburan sebagai salah satu pendekatan dalam menstimulasi perkembangan anak dalam melakukan hal baru. Dengan begitu, anak akan merasa gembira, nyaman, bertambah pengalaman yang mencerdaskan emosi maupun intelektual, sehat fisik maupun mental.

Kunjungi tempat-tempat menarik di kota Anda
Tidak harus pergi ke tempat-tempat yang jauh di luar kota, kadang-kadang kita seringkali tidak menyadari ada banyak tempat-tempat di dalam kota yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak selama liburan. Mengunjungi museum misalnya, selain tiket masuk yang tidak terlalu mahal juga dapat menambah pengetahuan anak. Atau misalnya saja saat anak lebih memilih mall ketimbang melakukan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya, maka carilah mall yang memiliki fasilitas menarik dan bermanfaat untuk anak.

Liburan di rumah
Berlibur di rumah pun bisa mengasyikkan. Ajak anak-anak melakukan aktivitas baru yang belum pernah mereka lakukan, gali rasa ingin tahu mereka. rangsanglah mereka untuk kreatif. Misalnya saja kita bisa memberikan buku bacaan yang menarik, lalu bimbing mereka untuk menceritakannya kembali. Jika perlu, berikan suasana dan perlengkapan yang mendukung cerita tersebut. Membuat karya seni bersama atau melukis juga bisa menjadi alternatif kegiatan kreatif yang menyenangkan.

Mengikuti paket kegiatan program liburan untuk anak
Saat liburan sekolah seringkali terdapat berbagai tawaran paket-paket kegiatan yang menarik untuk anak. Namun, biasanya kegiatan semacam ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Misalnya program outbound untuk anak, berkemah di alam terbuka, belajar memasak bersama koki ternama, ataupun belajar menunggang kuda. Mengikuti kegiatan kreatif semacam ini, selain merupakan alternatif kegiatan baru untuk anak, juga dapat menambah wawasan dan pergaulan anak karena mereka akan bertemu banyak teman-teman baru di luar lingkungan rumah dan sekolah.

Ada banyak tempat liburan yang mendidik dan sekaligus menyenangkan. Mengajak anak mengisi liburan dengan aktivitas seru, berarti orang tua juga memberikan manfaat yang baik untuk mereka. Karena dengan kegiatan liburan yang menyenangkan ini, anak menjadi bahagia, dan bisa me-refresh kejenuhan yang ada saat masa-masa sekolah kemarin.

Selalu luangkan waktu bersama untuk menemani anak-anak berlibur. Dan jangan berhenti untuk menemukan inovasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang bisa membuat anak kreatif selama liburan. (JC)

Sumber : funandsmart.wordpress.com
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"