Perlukah Anak Les Musik?

Tidak dapat disangkal bahwa pendidikan musik anak di Indonesia kini telah menjadi suatu kebutuhan. Berbagai literatur dan laporan penelitian tentang pengaruh musik terhadap perkembangan anak membuat para orang tua semakin menyadari manfaat pendidikan musik bagi anak-anak mereka. Tak heran, kebutuhan akan pendidikan musik yang mencakup buku, sekolah instrumen dan pengajar musik terus meningkat dari waktu ke waktu. Satu atau dua dekade yang lalu pendidikan musik masih terbatas, baik dari segi kuantitas maupun varietas nya. Namun saat ini les musik sebagai kegiatan ekstrakurikuler anak sudah sedemikian popular, bahkan mampu menyaingi les lain seperti bahasa Inggris, Matematika dan Olahraga.

Apa manfaat musik bagi anak ? Tak dapat dipungkiri, musik ternyata jauh lebih bermanfaat daripada sekedar hiburan. Berbagai penelitian yang telah dilakukan dewasa ini menunjukkan bahwa musik turut berperan dalam peningkatan kecerdasan, kreativitas, produktivitas dan kesehatan. Salah satu peran musik bagi anak-anak adalah untuk keseimbangan perkembangan otak kanan dan kiri. Pada umumnya, otak kiri manusia berkembang lebih pesat. Hal ini terjadi karena hampir semua system pendidikan saat ini berorientasi pada otak kiri yang berfungsi untuk menganalisis segala sesuatu secara matematis dan logis. Akibatnya, anak diarahkan untuk meyakini bahwa segala sesuatu yang tidak bisa disentuh, tidak kasat mata, tidak dapat diterima secara logis adalah tidak nyata dan tidak penting dalam hidup ini. Kreativitas, intuisi dan imajinasi pun diabaikan bahkan sejak kita masih dalam usia begitu muda. Kondisi ini melahirkan generasi yang intelek namun tidak kreatif, unik apalagi orisinal.

Lalu, berapa usia yang tepat untuk mulai ? Belajar memainkan alat musik lebih awal tidak selalu menguntungkan. Seorang anak yang belajar bermain piano pada usia empat tahun ternyata tidak selalu menunjukkan kemajuan yang lebih baik dibandingkan anak lain yang mulai belajar di usia delapan tahun. Namun, usahakan tidak menunda memberikan anak Anda les musik sampai, misalnya, ia menginjak SMP. Materi atau lagu-lagu untuk pemula biasanya dirancang untuk anak-anak yang masih duduk di TK atau SD. Akibatnya, mereka yang sudah berada di tingkat SMP akan merasa bosan atau menyepelekan pelajaran karena materinya dianggap terlalu mudah dan lagu-lagunya tidak lagi sesuai dengan jiwanya yang beranjak remaja.

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Musik Anak
Hendaknya Anda tidak memaksa anak Anda untuk mengikuti les musik jika Anda sendiri belum bisa memberikan dukungan yang optimal baginya dalam menghadapi tanggungjawabnya yang baru. Sesekali Anda perlu meluangkan waktu untuk mendampingi anak Anda saat latihan di rumah. Selain itu mengajaknya menonton konser juga akan menambah semangat belajarnya. Orang tua memegang peranan penting dalam membantu keberhasilan pendidikan seorang anak. Anda harus menyadari hak dan kewajiban Anda sebagai orang tua dalam kaitannya dengan pendidikan musik anak Anda.
Sebagai orang tua, Anda berhak mendapat penjelasan dari guru mengenai kondisi dan perkembangan pelajaran musik anak Anda, memberi masukan pada guru dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar dan meminta anak sungguh-sungguh dan serius dalam belajar musik.

Sementara itu, kewajiban Anda sebagai orang tua dalam hal pendidikan musik bagi anak Anda adalah mengikuti perkembangan pelajaran musik anak Anda, memotivasi anak untuk berlatih di rumah, mendampingi anak seperlunya dalam latihannya di rumah, menyediakan lingkungan yang musical bagi anak, bekerjasama dengan guru dan menghormati otoritasnya, tidak berkomentar negatif tentang cara mengajar guru di depan anak, menyediakan semua alat, buku dan lainnya untuk menunjang proses belajar mengajar, menyediakan tempat latihan yang baik dan tenang. (AY)

Sumber: Higayon Music
Disadur dari buku “Les Musik untuk Anak Anda – Panduan bagi Orang Tua”
Oleh: Sandra L. Bernhard, DipABRSM
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"