Mari Belajar Menulis Indah

Setiap Parent dan guru tentu mengharapkan agar anak dapat menulis dengan rapi dan indah dalam melakukan tugas tertulisnya. Namun pada kenyataannya ternyata setiap anak memiliki style (gaya) menulis yang membedakannya dengan anak lain.

 

Ada yang suka menulis dengan huruf cetak atau huruf sambung, juga ada yang suka menulis kecil ataupun besar. Ada anak yang dapat menulis dengan rapi sekali dan mengikuti garis di kertas, ada pula yang harus banyak berlatih karena tulisannya agak kurang jelas dibaca atau ada yang naik dan turun tak sesuai dengan garis.

Kemampuan menulis anak dapat dilatih sejak dini kurang lebih usia anak 2-3 tahun. Disarankan bagi anak untuk membiasakan diri menggunakan pensil tripod (berbentuk segitiga) karena ukurannya yang agak lebih besar dan mudah untuk belajar gripping (memegang) pensil. Anak dapat belajar mewarnai agar ia belajar mengontrol kekuatan tekanan pensil dan melatih kemampuan motorik halusnya. Anak usia ini juga dapat belajar tracing (mengikuti garis-garis) dimulai dari garis lurus, miring dan zig-zag. Parents atau guru dapat membantu anak dalam melakukan latihan ini, terutama ingatkan anak untuk memegang pensil dengan cara yang benar yaitu dengan menggunakan 3 jari yaitu jempol, telunjuk dan jari tengah. Belajar dengan jepitan jemuran baju juga membantu anak berlatih menggunakan 3 jari ini.

 

Anak usia 3-4 tahun bisa belajar tracing yang lebih sulit seperti lengkungan ke atas dan bawah, membuat lingkaran atau kombinasi yang dapat membantunya berlatih untuk menulis huruf dan angka. Biasanya anak mulai belajar huruf kecil dulu dari a - z dimulai dari tracing hingga tanpa tracing. Anak pun dapat berlatih menuliskan namanya sendiri di atas kertas kosong. Bila anak masih menulis kurang rapi, tak usah dipaksa karena yang terpenting adalah ia dapat menulis huruf dengan cara atau langkah yang tepat. Seiring berkembangnya anak, Parents dapat mengajak anak menulis kata sederhana seperti “Mama, Papa”.

Di usia 4-6 tahun, tepatnya di bangku TK, ia akan belajar lebih banyak menulis huruf dan juga diperkenalkan pada huruf besar A – Z. Anak dapat diberikan latihan menulis kata sederhana hingga 2 atau 3 kata bahkan menulis kalimat sederhana seperti “Ini buku Budi.” Anak dapat diajarkan menulis sesuai dengan garis yang ada di kertas atau buku. Buku dengan baris yang terdiri dari 5 garis bagus baginya untuk belajar menulis rapi.


Ketika anak usia SD, anak akan lebih banyak menulis tentunya dan kemampuan menulis indah semakin diasah di usia ini. Disarankan anak sudah lebih mantap menulis dengan huruf cetak terlebih dahulu hingga ia cukup mahir barulah menulis dengan huruf sambung karena membutuhkan teknik yang lebih sulit. Anak juga diharapkan sudah dapat menulis dengan jelas dan rapi.

Walaupun terlihat sepele, latihan menulis di usia dini sangat berpengaruh pada kemampuannya di masa mendatang lho. Anak dapat diingatkan pentingnya menulis dengan indah dan rapi adalah agar pembaca dapat membaca dan memahami tulisannya. Terutama dalam tes, tulisan anak harus dapat dibaca oleh guru sekolah agar dapat diberi nilai. Mari Parents ajak dan ajarkan anak untuk menulis indah sejak dini. (WP)

MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"