Berlibur ke Alam di Kota Jakarta

Menghabiskan akhir pekan di mall mungkin sudah biasa ya parents. Sedangkan jika mau mengunjungi wisata alam di luar kota Jakarta, pastinya malas akan perjalanan yang jauh. Bagaimana jika parents mengajak si kecil berwisata ke alam hutan di tengah kota Jakarta. Ada lho beberapa lokasi alam yang mungkin menarik sekaligus menambah pengetahuan si kecil.

Taman Wisata Muara Angke

Terletak di sebelah utara kota Jakarta, hutan ini bagaikan oase di tengah himpitan kawasan perumahan mewah. Moms dan keluarga bisa menikmati perjalanan petualangan hutan bakau melalui jembatan papan yang mengitari taman suaka sepanjang 843 meter dengan satwa seperti biawak, ular sanca, ular cobra dan kera ekor panjang serta 74 jenis burung dan beragam tanaman seperti Ketapang, Nipah dan Api-api.

Konservasi Kali Pesanggrahan

Terletak di belakang kompleks Vila Delima, Jl. Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan terdapat sebuah tempat wisata alam yang asri dengan aliran arus kali Pesanggrahan berkat kerja H.Chaerudin atau di kenal sebagai Bang Idin. Dia khawatir terhadap situasi pinggiran kali Pesanggrahan yang penuh limbah rumah tangga, sampah menumpuk serta aliran air sungai yang hitam kelam, membuat Bang Idin tergerak untuk mengembalikan kenangan masa kecil akan Kali Pesanggrahan di mana kicau burung menghiasi suasana pinggir kali sambil memancing ikan di akhir tahun 1980. Di mulai dari menyusuri Kali Pesanggrahan ke hulunya di Kaki Gunung Pangrango sejauh 136 km dengan berjalan kaki atau berakit batang pisan, Bang Idin mulai membersihkan sampah dan mengajak warga serta petani sekitar untuk mulai menaman pohon yang produktif dan membentuk Kelompok Tani Lingkungan Hidup (KTLH) Sangga Buana tahun 1998.

Di kawasan wisata seluas 40 hektar, parents dan si kecil bisa menikmati alam yang sejuk diantara pepohonan rindang sambil menyusuri tepian kali, memancing ikan dan menikmati hasil pancingan tersebut, melihat kobak (mata air) yang sudah berumur 700 tahun serta seni bela diri silat aliran Jalan Paha mini yang merupakan seni budaya asli masyarakat desa Karang Tengah.

Setu Babakan , Kampung Betawi yang terlupakan

Setu babakan atau danau babakan terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Depok menjadi sebuah selingan indah yang asri di tengah polusi udara kota Jakarta. Danau kecil yang asri, dikelilingi oleh pepohonan, dan berada di dalam perkampungan Betawi asli sejak tahu 2004 di jadikan kawasan Cagar Budaya Betawi oleh Pemda DKI.

Apa sajakah yang parents bisa temukan di sini?

  • Wisata Budaya
Ketika memasuki gerbang, moms sekeluarga akan di sambut oleh Bang Pitung dan rumah khas Betawi di kiri-kanan pada sepanjang jalan. Dalam perjalanan menuju danau, moms sekeluarga akan di suguhi pertunjukan lenong, ondel-ondel, musik tanjidor, dan sebagainya

  • Wisata Alam
Berjalan sedikit dari panggung pertunjukan, turuni tangga menuju danau yang di penuhi oleh pohon teduh. Cocok untuk piknik bersama keluarga sambil menikmati makan siang ala betawi atau si kecil bisa rekreasi air berupa perahu bebek kayuh dengan tiket Rp 5000/orang.

  • Wisata Kuliner
Sebagai warga Jakarta, wajib hukumnya untuk mencicipi hidangan kota tempat tinggal tercinta. Kenali kuliner khas asli Betawi seperti es lilin, es dawet, es duren, kerak telor, laksa, toge goreng, bir pletok atau dodol Betawi yang bisa dijadikan oleh-oleh. (JC)

Sumber : Ibu dan Aku
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"