Membuat Jadwal Harian si Kecil

Sedari dini, Si Kecil sudah bisa diajari untuk membuat jadwal harian loh, Parents. Tentu saja jadwalnya tidak sama antara satu anak dengan anak yang lainnya. Jadwal harian ini sifatnya sangat individual dan disesuaikan dengan umur Si Kecil. Pastinya dengan adanya jadwal harian ini, Si Kecil jadi tahu apa saja yang harus ia lakukan sepanjang harinya. Banyak loh
manfaatnya untuk Si Kecil.

Rutinitas yang terjadwal akan membuat Si Kecil jauh lebih disiplin sehingga nantinya ia dapat mengatur jadwal hariannya sendiri. Tempelkan jadwal harian Si Kecil di kamar atau di depan pintu kamarnya. Jika Si Kecil belum dapat membaca, ada baiknya Parents membuat jadwal harian dengan menggunakan gambar disertai dengan tulisan dibawahnya. Sehingga Si Kecil dapat memudahkannya untuk mengerti jadwal hariannya.

Si Kecil juga belajar untuk memahami urutan-urutan aktivitas yang dilakukannya ketika ia melakukan kegiatan yang sesuai jadwal. Misalnya setelah bangun tidur ia harus mandi, lalu sarapan dan berangkat ke sekolah. Setelah pulang dari sekolah, ia makan dan diperbolehkan main sebentar sebelum akhirnya ia tidur siang. Dengan memahami kegiatan yang ia lakukan berikutnya dapat membuat rutinitasnya menjadi lebih teratur.

Selain paham dengan konsep urutan aktivitas, Si Kecil juga belajar untuk memahami konsep waktu. Dengan mengaitkan waktu pada saat kegiatan berlangsung akan membuat ia paham perbedaan kegiatan apa yang harus dilakukan di kala pagi, siang dan malam.

Pastinya dengan jadwal harian yang sudah diterapkan ini dapat melatih Si Kecil lebih bertanggung jawab. Memupuk rasa tanggung jawab dari kecil dapat membuatnya lebih sukses di masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat, Parents! (SM)
MORE ARTICLES
Si Kecil Pemalu
Jika si Kecil Ngemil
Mengatasi Kecemasan Si Kecil
Jalan-Jalan : Museum Tekstil
Dibutuhkan Ahli Matematika 10 Tahun ke Depan

0 Comments

Leave your comments by :

Sign up for daily tips and ideas that will enrich your child's education.


JOBS TODAY

Teacher, Assistant Teacher & Mandarin Teacher

Blossoms A Montessori Creative Kindergarten

Preschool Teacher & Assistant Teacher

Discovery Zone Preschool - Muara Karang

Preschool teacher

Play Dough Preschool

Math Teacher, Homeroom Teacher, Assistant Teacher

Harvest Christian School

Receptionist & Administration Staff

Kids World Educational Centre

TESTIMONIALS

Ilham Ramanda

"Personaly i know this person who develop sekolah123.com. he is hard worker and the one who you can trust to."

Atik Nur Hasanah Rahmawati

"Congratulation for creating this wonderful website,, I am sure that it will be very useful for us in teaching and learning field,,, Good wishes for the next development ,,May God bless us,,,"